Pemasaran online

 Pengertian Pemasaran Online


Pemasaran online sering disebut Internet marketing, e-marketing, atau online-marketing merupakan segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media internet atau jaringan www (World Wide Web).


Berikut ini dijelaskan beberapa definisi pemasaran online yang dikemukakan oleh para ahli pemasaran.


1. Kotler (2001: 256), pemasaran online adalah pemasaran yang dilakukan melalui sistem komputer online interaktif yang menghubungkan konsumen dengan penjual secara elektronik.


Konsep pemasaran online yang sudah semakin mengglobal.


2. Boone dan Kurtz (2005), pemasaran online adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada pangsapasar internet atau melalui peralatan digital lain.


3. Marwan (1991: 15), menjelaskan bahwa pemasaran online adalah usaha yang terpadu untuk merencanakan strategi yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba.


4. Musrid (1997: 26), menjelaskan bahwa pemasaran online adalah semua kegiatan usaha yang bertalian dengan arus penyerahan barang dan jasa. jasa dari produsen ke konsumen.


5. Menurut Strauss dan Frost (2012), pemasaran online adalah pemanfaatan teknologi informasi terhadap aktivitas pemasaran serta proses penciptaan, pengkomunikasian, pengiriman dan pertukaran penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, rekan kerja, dan masyarakat pada umumnya. Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan, pemasaran online dapat diartikan sebagai segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media internet. Internet yang merupakan salah satu penemuan mutakhir era globalisasi 



Komentar