Pemasaran Online
A. Pengertian Pemasaran Online
Pemasaran online sering disebut internet marketing, e-marketing, atau online-marketing merupakan segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media internet atau jaringan www (World Wide Web).
Berikut ini dijelaskan beberapa definisi pemasaran online yang dikemukakan oleh para ahli pemasaran.
1. Kotler (2001: 256), pemasaran online adalah pemasaran yang dilakukan melalui sistem komputer online interaktif yang menghubungkan konsumen dengan penjual secara elektronik
Konsep pemasaran online yang sudah semakin mengglobal. Boone dan Kurtz (2005), pemasaran online adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada pangsapasar internet atau melalui peralatan digital lain.
3. Marwan (1991: 15), menjelaskan bahwa pemasaran online adalah usaha yang terpadu untuk merencanakan strategi yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba.
4. Musrid (1997: 26), menjelaskan bahwa pemasaran online adalah semua kegiatan usaha yang bertalian dengan arus penyerahan barang dan jasa jasa dari produsen ke konsumen.
5. Menurut Strauss dan Frost (2012), pemasaran online adalah pemanfaatan teknologi informasi terhadap aktivitas pemasaran serta proses penciptaan, pengkomunikasian, pengiriman dan pertukaran penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, rekan kerja, dan masyarakat pada umumnya.
Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan, pemasaran online dapat diartikan sebagai segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media internet. Internet yang merupakan salah satu penemuan mutakhir era globalisasi di bidang teknologi sangat menguntungkan bagi semua manusia di seluruh dunia untuk berbagai informasi dan berkomunikasi, termasuk berbagi informasi barang atau jasa yang dijual
Manfaat Pemasaran Online
Kemajuan teknologi dan informasi sangat mendukung dan mempermudah aktivitas pemenuhan kebutuhan manusia. Karena itulah, saat ini hampir semua lini kehidupan telah memanfaatkan teknologi. Salah satu bidang kehidupan yang sangat didukung dengan adanya teknologi adalah bisnis. Dalam dunia bisnis, teknologi dimanfaatkan sebagai pendukung aktivitas pemasaran online. Manfaat pemasaran online selain tidak terbatas ruang dan waktu, jaringan pasar lebih luas, praktis yang terpenting pelayanan dan kualitas bisa bersaing.
Pemasaran online ini dianggap lebih efektif karena lebih mudah dilakukan. Karena hanya membutuhkan jaringan internet dan bisa memanfaatkan beberapa aplikasi media sosial yang sudah banyak digunakan oleh banyak orang. Selain mudah dilakukan, pemasaran online ini juga dinilai banyak membawa keuntungan bagi pelaku bisnis. Anda ingin tahu apa sajakah manfaat pemasaran online bagi para pebisnis?
Menurut Strauss dan Frost (2012), pemasaran menggunakan teknologi internet (internet marketing) memiliki tujuan dan manfaat sebagai berikut:
1. Mampu menjangkau calon konsumen dengan yang lebih murah.
2. Mampu melacak dan data respon konsumen terhadap aktivitas pemasaran yang dilakukan perusahaan.
3. Mampu menjangkau pasar global sebagai pangsa pasar baru.
4. Menyajikan promosi yang lebih menarik.
5. Mempermudah proses pembelian dibandingkan dengan sistem offline.
6. Personalisasi pemasaran untuk setiap calon konsumen.
7. One-on-one marketing.
8. Twenty-four-hour marketing.
Sedangkan menurut Chaffey dkk (2008:22), terdapat lima tujuan dan manfaat pemasaran online yang dikenal dengan istilah 5S (Sell, Serve, Speak, Save, dan Sizzle) dengan penjelasan sebagai berikut:
Komentar
Posting Komentar